Mengenal Program C dan C++



Welcome to the world of programming , anda akan mempelajari bahasa C dan C++. C merupakan bahasa pemograman yang namanya sangat singkat. Namanya tidak memilki kepanjangan apapun. Bahasa ini diciptakan oleh Dennis Ritcie sekitar 1972. Hingga kini bahasa ini masih populer dengan penggunaanya tersebar di berbagai platform dari Windows sampai Linus dan dari PC hingga mainframe. C++ adalah bahasa yang relatif baru dibandingkan dengan C. Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustroup Sekitar 1982.

Bahasa C++ Merupakan pengembangan dari bahasa C dan mendukung pemograman berorientasi objek. dengan menggunakan C++, anda tetap dapat menulis program C.

Contoh sederhana program C
________________________
#include <stdio.h>

int main()
{
   printf("Hello world \n");
   return 0;
}

proram diatas berfungsi untuk menampilkan tulisan Hello World kelayar


  • Berkas header (berekstensi .h) adalah berkas yang berisi prototipe fungsi, definisi konstanta, dan definisi variabel. Prototipe fungsi berupa judul suatu fungsi yang dilengkapi dengan argumen dan tipe argumen serta tipe nilai balik untuk fungsi yang memberikan nilai balik. Prototipe fungsi harus sudah tersedia sebelum pemanggilan fungsi. Hal itu merupakan persyaratan selama kompilasi. Fungsi adalah kumpulan kode C yang diberi nama dan ketika nama tersebut dipanggil maka kumpulan kode tersebut dijalankan.
  • Praprosessor #include adalah suatu perintah yang digunakan untuk mengatur kompiler agar membaca berkas header yang disertakan dibelakang kata include saat pelaksanaan kompilasi.
  • Main () adalah fungsi yang akan dijalankan pertama kali ketika program dieksekusi . kata int di depan main() menyatakan bahwa program memberikan nilai balik yang bertipe int. Int adalah tipe yang menyatakan bilangan bulat.
  • Nilai balik program ditentukan oleh pernyataan return. pada program tersebut, return 0 menyatakan bahwa nilai balik program adalah nol. Nilai nol biasa digunakan untuk menyatakan bahwa program berhasil melaksanakan tugas yang diembannya.
  • Pernyataan di dalam C adalah suatu perintah yang dapat berdiri sendiri dalam melaksanakan suatu aksi dan dijalankan ketika program dieksekusi. setiap pernyataan ditulis dengan diakhiri tada titik koma (;). pada program didepan, ada dua buah pernyataan yaitu :
1. printf("Hello World\n");
2. return 0;

printf() adalah suatu fungsi yang prototipenya terdapat pada berkas stdio.h. bagian yang berada dalam tanda kurung yang mengikuti printf pada program di depan disebut string. string adalah deretan karakter yang ditulis dalam tanda petik ganda (").

Berikutnya Contoh Coding Bahasa C++
_________________________________________________________________________________
#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
   cout<<"Hello World"<<endl;
   return 0;
}


perbedaan utama program C++ di atas ini dengan kode C di awal tadi adalah
  • Berkas header yang digunakan bukan berupa stdio.h melainkan iostream (tanpa.h)
  • kode
using namespace std;

menyatakan kepada kompiler bahwa program menggunakan namspace bernama std. Namespace termasuk tambahan baru pada C++. fungsinya untuk mengelompokan elemen-elemen ke dalam sebuah nama. std adalah nama bawaan yang digunakan pada semua pustaka standar C++ itulah sebabnya, pernyataan berikut

using namespace std;

diperlukan pada c++ supaya memudahkan anda dalam mengakses pustaka standar.
  • Pernyataan untuk menampilkan keluaran berupa cout. dalam hal ini , cout merupakan contoh sebuah objek pada c++
  • endl identik dengan \n yaitu menyatakan karakter untuk berpindah baris ( di sebut newline ).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Program C dan C++"

Post a Comment